Memilih Jenis Perangkat Masak yang Aman

Perangkat masak yang banyak dijual kini ada beragam bentuk, warna, dan bahan. Khususnya untuk bahan, ada yang terbuat dari metal, keramik, kaca dan lainnya.. Apa sih bedanya dan yang mana yang sebaiknya kita pilih? Apakah ada bahan yang lebih aman daripada bahan yang lainnya?

 

Sebagai panduan umum, pilihlah perangkat masak dari bahan berkualitas yang terbuat dari metal tebal yang dapat bertahan pada suhu api yang cukup tinggi.

Bahan metal tipis dapat mengakibatkan panas yang tidak merata, membuat hidangan cepat gosong hingga meninggalkan bercak arang yang akhirnya membuat peralatan masak tidak dapat digunakan lagi. Tapi,jangan pula memilih panci yang terlalu berat juga, lho, karena nanti Anda malah kerepotan karena sulit digunakan.

Berikut adalah catatan tentang jenis materi atau bahan dari peralatan di dapur yang umum kita gunakan. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan untuk mendukung hasil yang terbaik dari masakan Anda.

  • Aluminium
    Jenis metal ini memiliki keunggulan menyebar panas dengan baik, hanya saja alumunium akan mudah aus, walaupun dari merek yang mahal. Selain itu, bahan makanan yang dimasak menggunakan panci aluminium akan berubah warnanya, seperti telur, tomat, sayuran daun hijau dan anggur. Jika memilih panci aluminium polos, pilih yang berbahan tebal. Sedang untuk membersihkannya, jangan gunakan sabun yang kuat atau yangmeninggalkan goresan. Sekarang panci aluminium banyak dijual dengan pilihan lapisan tambahan seperti Teflon anti lengket atau yang lainnya. Panci aluminium berlapis ini tidak bereaksi terhadap bahan makanan; cukup kuat, ringan dan tahan lama.
  • Tembaga
    Perangkat memasak tembaga berkualitas baik jika jenis yang digunakan berbahan tembaga tebal. Hanya saja tanpa adanya lapisan timah atau metal anti noda (stainless steel), tembaga dapat merusak bahan hidangan yang dimasak, khususnya hidangan dengan kandungan asam tinggi. Perkakas tembaga harus selalu dijaga baik kebersihan dan sewaktu digunakan. Pilih perangkat yang memiliki lapisan stainless steel sehingga mudah dibersihkan dan tahan lama selain aman untuk dipakai memasak bahan apa saja.
  • Stainless steel
    Bahan perkakas ini tidak memberi reaksi terhadap bahan makanan yang dimasak, selalu terlihat besih dan tahan gores untuk waktu yang lama. Harga perkakas stainless steel juga terjangkau dan tidak sulit dibersihkan. Sayangnya perkakas ini memiliki penghantar panas yang rendah, otomatis untuk lapisan metal pun dikurangi sehingga lebih tipis; akibatnya hidangan mudah gosong, dan juga panas yang tidak merata. Untuk mengatasi hal ini, memasak dengan banyak minyak adalah solusinya. Panci stainless steel dengan kombinasi lapisan bahan tembaga atau alumunium pada bagian dalam bisa menjadi solusinya, dan membuatnya menjadi perangkat favorit.
  • Panci baja
    Mirip dengan bahan stainless steel, panci baja juga lambat menghantar panas, mudah berkarat dan bereaksi pada hidangan dengan kandungan asam. Jika menggunakan panci baja, mulailah dengan membersihkan panci baja dengan sabun, bilas, dan keringkan. Beri ‘lapisan’ dengan menuang sedikit minyak sayur sebelum digunakan lalu lap minyak yang berlebih dengan tissue dapur. Setelah semua selesai, panci siap digunakan. Jangan lupa juga melakukan proses yang sama setelah selesai digunakan, sebelum disimpan.
  • Panci baja berlapis enamel
    Menjawab kekurangan dari panci baja, lapisan porselen ditambahkan pada bagian dalam panci. Tambahan ini mengakibatkan suhu panas ideal makin lambat dicapai, tapi lapisan ini menjadikan panci lebih bersahabat karena tidak ada reaksi terhadap bahan yang sedang dimasak. Sayangnya, lapisan enamel cukup berat dan mudah retak jika tidak dipelihara dengan baik. Untuk mengurangi kerusakan, pakai selalu peralatan dengan bahan kayu, plastik atau silikon untuk mendampingi panci ini.
  • Kaca
    Sering disebut sebagai panci atau wadah Pyrex (merek dagang), dengan bahan kaca yang sudah diproses sehingga stabil dan dapat bertahan pada temperatur tinggi. Idealnya digunakan untuk memasak di dalam oven microwave juga oven gas dengan cara memanggang. Perlu dicatat, perkakas Pyrex bukan penghantar panas yang baik; mungkin saja lekas panas tapi memakan waktu panjang untuk membuat hidangan cepat matang. Lebih dari itu, juga mudah retak jika tidak digunakan sesuai anjuran.

Jangan lupa untuk selalu membaca cara penggunaan, pelihara dengan benar dan gunakan perangkat masak sesuai peruntukan. Selamat memasak!

 

Add to Favorites
Read 50 times